Pembukaan dan Penutup Presentasi bahasa Inggris

0
1. Pembukaan (Opening)
Pembukaan pada sebuah presentasi biasanya dilakukan pada 10 menit awal, dimana part ini menjadi salah satu faktor penting dalam kesuksesan presentasi tersebut. Dengan pembukaan yang menarik tentu para audience langsung merasa ‘terikat’ dan termotivasi untuk mendengarkan dan memperhatikan presentasi anda.
Untuk presentasi dalam bahasa Inggris anda dapat menggunakan langkah-langkah berikut ini:
1. Pertama, jangan lupa untuk memberikan ucapan salam dan terima kasih kepada para audience yang telah bersedia hadir pada presentasi yang akan anda lakukan. Dalam bahasa Inggris, anda dapat mecapkan beberapa ungkapan singkat berikut ini: coming to my presentation … you all … you here… gentlemen. An honor to meet you here…
2. Setelah itu lanjutkan dengan memperkenalkan diri anda terlebih dahulu. Atau jika presentasi yang anda lakukan secara berkelompok, maka ada baiknya anda memperkenalkan kelompok anda terlebih dahulu. Berikut ini beberapa contoh ungkapannya:
Let me introduce myself. My name’s Anggra Prabowo. I am from Bandar Lampung…
First of all. I would like to introduce my group. We are from group 5. We would like to present…
3. Selanjutnya di ikuti dengan kalimat pembukaan yang ‘mengikat’ para audience agar presentasi anda mendapat perhatian penuh. Mungkin ada bisa menggunakan pertanyaan, penyajian data di power point, mengutip quote yang memotivasi, metode cerita, atau bisa juga dengan cara-cara lainnya.
Silahkan lihat contoh singkat berikut ini:
Assalamu’alaikum wr. wb. Good morning everybody. Thank you for coming to my presentation today. My name is Anggara Prabowo. As you know I am the marketing manager of Media Nusantara Group, which is based in Bandar Lampung…
( Assalamu’alaikum wr. wb. Selamat pagi semuanya. Terima kasih telah bersedia hadir di presentasi saya hari ini. Nama saya adalah Anggara Prabowo. Seperti yang Anda ketahui bahwa saya adalah manajer pemasaran dari Grup Media Nusantara, yang berlokasi di Bandar Lampung… )
Good morning. I would like to introduce my group. We are from group 5. We would like to do a presentation about Technology. Before we get down to the serious business of this presentation, I’d like to ask you a simple question…
( Selamat pagi. Saya ingin memperkenalkan kelompok saya. Kami dari grup 5. Kami akan melakukan presentasi mengenai Teknologi. Sebelum kita masuk ke materi yang serius dari presentasi kali ini, saya ingin bertanya kedapa Anda semua sebuah pertanyaan sederhana… )
2. Sampaikan Pesan (Message) Anda
Pada tahap ini, Anda harus mampu memaksimalkan waktu yang ada se-effisien mungkin. Anda harus mampu menyampaikan seluruh poin dari presentasi yang anda lakukan dengan mempertimbangkan waktu, kemampuan audience dalam menyerap informasi, dan faktor penting lainnya.
Ingat; Lakukan dengan singkat, jelas, dan padat. Anda tidak perlu membahas semua poin secara panjang lebar, atau bahkan tidak ada hubungan dengan materi anda, hal ini sudah dapat di pastikan membuat para audience merasa bosan dan jenuh. Silahkan lihat contoh berikut ini:
I would like to talk about how to create a simple website. Website is used to share information by using Internet. It can be created by using wordpress platform. The first step how to create a simple website is about hosting and domain. After that, we can choose a theme or template with responsive layout. You can see at my slide here, and you will know how to do it…
( Saya ingin membahas mengenai bagaimana cara membuat sebuah website sederhana. Website digunakan untuk membagikan informasi dengan media internet. Website dapat dibuat dengan menggunakan platform dari wordpress. Langkah pertama untuk membuat sebuah website sederhana adalah mengenai hosting dan domain. Setelah itu, kita dapat memilih tema atau templet dengan tampilan yang responsif. Anda dapat melihatnya pada slide saya disini, dan anda akan mengetahui bagaimana cara membuatnya… )
3. Penutup yang ‘Keren’ (Great –Closing)
Cara menutup sebuah presentasi bahasa Inggris juga sangat berpengaruh dan berperan penting dalam kesuksesan presentasi itu sendiri. Dengan penutup yang keren, tentu para audience akan selalu teringat dan tidak akan melupakannya.
Namun, sebelum anda benar-benar menutup presentasinya, maka berikanlah sedikit kesempatan kepada para audience untuk bertanya. Atau dengan kata lain berikan sesi Tanya-jawab singkat. Berikut ungkapan yang dapat anda gunakan:
Any question?
Anybody would like to ask?
Now try to answer any questions you may have.
Can I answer any questions?
Are there any questions?
Do you have any questions?
Are there any final questions?
Nah, setelah ada sedikit sesi tanya-jawab, maka anda dapat membuat sebuah kesimpulan dari presentasi tersebut dengan kalimat penutup plus beserta juga ucapan terima kasih untuk para audience yang telah bersedia menyimak presentasi anda.
Berikut ungkapan untuk memberikan kesimpulan:
In conclusion…. Thank you for your attention. Wassalamualaikum wr. wb.
In summary…. Thank you very much for your great attention, ladies and gentlemen.
In conclusion…. Many thanks for your attention.
In summary…. May I thank you all for being such an attentive audience.
Tags

Post a Comment

0 Comments
Post a Comment (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top